• MI AS'ADIYAH SUNGAI TAIWAN
  • Madrasah Mandiri Berprestasi
  • admin@asadiyahseitaiwan.sch.id

Membentuk Masa Depan Pendidikan Unggul Melalui Kurikulum Merdeka

Dengan penuh semangat dan komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan, MI As'Adiyah Sungai Taiwan sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop yang mengangkat tentang implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam forum ilmiah ini, Bapak Lalu M Puaddi, S.Pd, atau akrab disapa Bapak Lalu, menyampaikan materi yang membawa pemahaman yang mendalam dan konkrit tentang peran Kurikulum Merdeka di lembaga pendidikan kami.

Peran Kunci Kepemimpinan Pendidikan

Bapak Lalu membuka sesi dengan menggarisbawahi peran fundamental kepemimpinan pendidikan dalam menentukan arah strategis lembaga. Dalam pemahaman beliau, perencanaan strategis, khususnya dalam penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP), Acuan Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar, menjadi pondasi untuk membentuk keunggulan pendidikan di MI As'Adiyah Sungai Taiwan.

Tahapan Mendalam: Penyusunan TP, ATP, dan Modul Ajar

Bapak Lalu membawa peserta workshop dalam perjalanan mendalam tentang pentingnya penyusunan TP, ATP, dan Modul Ajar. Materi ini bukan hanya sekadar alat evaluasi, melainkan instrumen yang memungkinkan guru untuk merancang dan menyajikan materi pembelajaran yang sesuai dengan konteks kehidupan, minat dan bakat siswa.

Pandangan Lebih Jauh Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka

Mengenai implementasi Kurikulum Merdeka, Bapak Lalu menguraikan pendekatan praktis dan filosofis dalam penggunaannya di MI As'Adiyah Sungai Taiwan. Beliau menyoroti bahwa Kurikulum Merdeka bukanlah semata suatu kebijakan, melainkan sebuah spirit yang mengajak semua pemangku kepentingan, terutama guru, untuk menjadi agen perubahan.

Lebih Dekat dengan Implementasi Kurikulum Merdeka:

  1. Pengarahan Kreativitas Guru: Bapak Lalu mendorong guru untuk menjadikan Kurikulum Merdeka sebagai landasan kreativitas, memungkinkan inovasi dalam metode pengajaran dan penilaian.
  2. Relevansi Materi Pembelajaran: Beliau menekankan pentingnya menyelaraskan materi pembelajaran dengan realitas siswa, menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna dan relevan.
  3. Evaluasi Berbasis Kemajuan: Beliau juga memperkenalkan pendekatan evaluasi yang berpusat pada kemajuan siswa, memastikan bahwa setiap langkah pembelajaran memberikan dampak positif.

Melangkah Bersama Mewujudkan Pendidikan Unggul

Sebagai langkah strategis, MI As'Adiyah Sungai Taiwan berkomitmen untuk melanjutkan perjalanan implementasi Kurikulum Merdeka ini. Melalui inisiatif ini, kami percaya bahwa setiap siswa akan mendapatkan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan dengan tuntutan zaman.

Terima kasih kepada Bapak Lalu M Puaddi, S.Pd, atas kontribusinya yang menginspirasi dalam membimbing lembaga pendidikan kita menuju perubahan positif dalam dunia pendidikan nasional.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun 2024

Pada tanggal 06 - 15 Mei 2024, MI As'adiyah Sungai Taiwan mengadakan pelaksanaan asesmen madrasah yang berlokasi di gedung utama sekolah tersebut, di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunuka

14/05/2024 14:47 - Oleh Administrator - Dilihat 86 kali Baca
Merajut Kreativitas Guru dengan Pembelajaran Desain Grafis Canva

Selamat datang, para pencinta pendidikan di MI As'Adiyah Sungai Taiwan! Kami sangat bersemangat untuk berbagi pengalaman pembelajaran yang luar biasa dan inovatif yang baru-baru ini di

29/11/2023 04:50 - Oleh Administrator - Dilihat 93 kali Baca
Penerapan Ujian Online Berbasis CBT

Selamat datang, keluarga besar dan warga MI As'Adiyah Sungai Taiwan! Dengan bangga, kami ingin berbagi berita revolusioner yang akan membawa pengalaman pembelajaran di madrasah kita ke

29/11/2023 04:45 - Oleh Administrator - Dilihat 181 kali Baca